desain ku

desain ku
vektor

Jumat, 30 September 2016

PENGERTIAN DAN CONTOH STORYBOARD

Kali ini aku mau posting tugas mata pelajaran saya "Memebuat Story Board" biasanya di singkat MSB.
Postingan ini cara membuat storyboard.

Storyboard adalah : Sketsa gambar yang di buat secara berurutan sesuai naskah, dengan storyboard kita dapat menyampaikan ide cerita kita kepada orang lain dengan lebih mudah, karena kita dapat menggiring khayalan seseorang mengikuti gambar-gambar yang tersaji, sehingga menghasilkan persepsi yang sama pada ide cerita kita. 

Langsung saja, aku mau buat storyboard Sistem Parkir di UNISLA. Lihat di bawah ini :


Karena tulisannya kurang jelas, aku jelasin lagi.

Langkah no.1 Mahasiswa datang menuju parkir membawa motor.
Langkah no.2 Mahasiswa menyerahkan STNK kepada satpam kemudian mahasiswa menerima nomor parkir.
Langkah n0.3 Mahasiswa memarkirkan motor di halaman parkir.
Langkah no.4 Mahasiswa sudah bisa melakukan perkuliahan.
Langkah no.5 Mahasiswa selesai perkuliahan dan menuju pos satpam.
Langkah no.6 Mahasiswa menyerahkan nomor parkir. Jika cocok maka petugas pos satpam mengembalikan STNK mahasiswa. Dan mahasiswa bisa mengambil sepeda di halaman parkir.
Langkah no.7 Mahasiswa menuju halaman parkir untuk mengambil sepeda.
Langkah yang terakhir Mahasiswa pulang.

SELESAI, mudah kan?? ^_^
PENGERTIAN ANIMASI STOP MOTION
A. DEFINISI ANIMASI 
Definisi Animasi : Animasi adalah serangkaian gambar yang bergerak dengan cepat secara kontinu yang memiliki hubungan antara satu dan lainnya. Objek animasi dapat berasal dari gambar yang digambar pada media sel, kertas, menggunakan komputer atau dengan tanah liat dan boneka. Definisi Film : merekam gambar yang bergerak. Seni film mencakup seluruh seni yang pernah ada, ditambah dengan sarana publikasi dan teknologi, khususnya fotografi. 

B. TEKNIK PEMBUATAN ANIMASI : 
Dalam dunia animasi dikenal beberapa teknik pembuatanya, antara lain : 
  1. Cel Animation Cel animation mengharuskan para animator untuk menggambar (dengan tangan) frame-frame yang dibutuhkan untuk menghasilkan ilustrasi gerakan objek. Cel animation juga disebut traditional animation dan hand-drawn animation, teknik ini terbagi menjadi tiga jenis, yaitu: full animation, limited animation dan rotoscoping. 
  2. Stop Motion Animation Stop motion disebut juga frame-by-frame, objek seakan bergerak karena mempunyai banyak frame yang dijalankan secara beraturan. Teknik Animasi Ini Menggambarkan berbagai manipulasi objek yang mungkin termasuk model, tanah liat dan boneka. Stop motion animation dibuat dengan cara shoot satu demi satu gambar dengan menggunakan video atau movie camera, bisa juga menggunakan kamera photography analog ataupun digital, hasil shot still image(gambar diam) tadi lalu disusun menjadi movie. 
  3. Computer-Generated Imagery (CGI) Animasi komputer (computer animation atau CGI animation) adalah seni membuat gambar bergerak dengan menggunakan komputer. 
  4. Live Action and Cartoon Combinations Teknik ini menggabungkan live action dengan kartun. Live action menggambarkan orang- orang dan sesuatu yang serupa dengan dunia nyata. Kartun adalah nama untuk suatu bentuk gambar yang dibuat representasional terhadap suatu peristiwa, dengan arah hasrat melucu 
C. SEJARAH ANIMASI STOP MOTION 
Animasi stop motion memiliki sejarah panjang dalam film. Sering digunakan untuk menunjukkan benda bergerak seolah-olah dengan sihir, Contoh pertama dari teknik stop motion dibuat oleh Albert E. Smith dan J. Stuart Blackton Humpty Dumpty The Circus (1898). 

D. PENGERTIAN ANIMASI STOP MOTION 
Gerak berhenti (bahasa Inggris: stop motion atau stop frame) adalah sebuah teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak dengan sendirinya. Objek tersebut digerakan sedikit demi sedikit di setiap frame yang akan difoto, menciptakan ilusi pergerakan saat serangkaian frame tersebut dimainkan secara berurutan berkelanjutan. Boneka dengan sendi yang dapat digerakan atau figur tanah liat sering digunakan dalam gerak henti karena alasan kemudahan meletakkannya kembali. Animasi gerak henti yang menggunakan tanah liat disebut animasi tanah liatatau clay mation.

E. JENIS-JENIS ANIMASI STOP MOTION 
1. Tanah Liat (Clay) 
Sering disingkat claymation, ini adalah jenis animasi stop-motion di mana masing-masing bagian animasi, baik objek karakter atau latar belakang, menggunakan "deformasi bentuk “dengan bahan elastis seperti tanah liat. Salah satu contoh film dengan teknik ini adalah : Gumby and Art Pokey(http://www.youtube.com/watch?v=uBl9vxqso_A) 

2. Guntingan (Cutout) 
Animasi cutout adalah teknik yang dibentuk dengan menggerakkan potongan lembaran 2- dimensi. Animasi ini dibuat dengan menggunakan karakter datar, alat peraga dan latar belakang dari bahan seperti kertas, kartu, kain yang kaku, benda-benda mati, kain atau bahkan foto. Awal dari film animasi yang dikenal di dunia adalah animasi guntingan dibuat di Argentina oleh Quirino Cristiani (http://www.youtube.com/watch?v=FAF9y51P1jM) 

3. Gambar (Graphic) 
Animasi grafis adalah variasi dari stopmotion yang lebih konseptual daripada animasi cel tradisional bidang datar dan animasi kertas gambar (cutout). Tapi secara teknis ia termasuk stop motion yang dibuat dengan foto (secara keseluruhan atau sebagian). Animasi grafis dapat dilakukan dengan kamera hanya panning ke atas dan ke bawah dan / atau difoto secara individu, satu per satu. Contoh animasi dengan teknik ini adalah animasi kapurtulis (http://www.youtube.com/watch?v=QNDVzA3aS2s). 

4. Aktor Hidup (Pixilation) 
Pixilation adalah teknik stop motion di mana yang digunakan adalah aktor hidup sebagai subjek frame-by-frame, aktor tersebut berpose berulang kali untuk satu atau lebih frame yang diambil (foto) dan bergerak sedikit demi sedikit ke frame berikutnya. Aktor ini menjadi semacam wayang hidup gerak berhenti dan bergerak. Teknik ini sering digunakan sebagai cara untuk menggabungkanr aktor hidup dengan orang-orang dalam sebuah film animasi, seperti dalam The Adventures Secret Of Tom Thumb oleh Brothers BOLEX. Berikut salah satu contoh film dengan teknik pixilation. (http://www.youtube.com/watch?v=OChosk_MKWc). 

5. Wayang (Puppet) 
Animasi boneka biasanya melibatkan tokoh boneka seperti wayang berinteraksi satu sama lain dalam lingkungan yang dibentuk. Boneka wayang umumnya memiliki tulang rangka untuk menjaga mereka tetap dan mantap serta menghambat mereka agar selalu bergerak pada sendi tertentu. Wayang digunakan dan dipotret setiap kali posisi mereka berubah sedikit demi sedikit untuk membuat gerakan. Dalam animasi ini kita memberikan kehidupan kepada benda mati dan membuat mereka terlihat seperti hidup. Contoh karya dengan teknik ini adalah The Tale of the Fox, The Nightmare Before Christmas , Chicken Robot. (http://www.youtube.com/watch?v=PzzqE7EPoIc) 

6. Bayangan (Silhouette) 
Animasi guntingan yang dijadikan serangkaian bayangan (hitam) gambar gelap, dan disebut sebagai animasi siluet. Teknik ini dipelopori oleh animator Lotte German Reiniger. Fitur film animasi ini yang panjang adalah The Adventures of Prince Achmed (1926) (http://www.youtube.com/watch?v=25SP4ftxklg).

F. TAHAPAN PERANCANGAN ANIMASI STOP MOTION: 
1. Pra Produksi 
  • Naskah : Untuk membuat animasi diperlukan ide dan sebuah cerita. Ide merupakan hal yang mendasar untuk mengembangkan sebuah film animasi. Cerita yang bagus harus mempunyai struktur yang jelas, yaitu harus memiliki awalan, nilai tengah dan akhir cerita yang sering disebut babak. 
  • Pembuatan Karakter : Sebuah cerita dimainkan oleh karakter. Bentuk tidaklah menjadi masalah, yang paling penting karakter harus baku. Pembuatan karakter harus sesuai dengan sifat dan peran karakter dari sebuah film. Semua karakter yang muncul dalam film animasi dibuat dalam Character Model Sheet. 
  • Storyboard : Storyboard digunakan sebagai alat bantu pada tahapan perancangan film kartun. Storyboard adalah semacam versi komik goresan tangan dari sebuah film dan berperan sebagai cetak biru untuk aksi dan dialog yang akan muncul dalam film. 
2. Produksi 
  • Modeling : Modeling adalah proses menciptakan permukaan maupun bidang 2D / 3D secara virtual pada objek dan rancangan karakter. 
  • Shooting : engambilan gambar atau shooting adalah proses terekamnya objek-objek oleh Camera video, baik analog maupun digital. Pengambilan gambar dilakukan untuk mendapatkan footage. Shooting dimulai saat tombol shutter ditekan, berakhir saat tombol dilepaskan. 
3. Pasca Produksi 
  • Compositing and Editing : compositing adalah proses merangkai atau merekontruksi kembali scene yang terpisah menjadi satu kesatuan. Editing video adalah proses menyusun potongan-potongan klip video, menambahkan efek, transisi, teks, memotong video, menggabungkan, menambahkan musik atau narasi dan sebagainya agar menjadi satu kesatuan. 
  • Rendering : Rendering adalah proses translasi semua informasi latar, warna, gerakan karakter, dan lain-lain yang Tersimpan dalam file-file menjadi satu frame tunggal. Rendering akan mengkalkulasi seluruh elemen material, pencahayaan, efek dan lainnya sehingga akan menghasilkan output gambar atau animasi yang realistik. 

G. Software 
Software atau perangkat lunak yang bisa digunakan untuk mengedit pembuatan film animasi stopmotion , antara lain: 
  • Adobe Photoshop 
  • Adobe Flash 
  • Adobe After Effect 
  • Adobe Premier 
  • Ulead Video Studio 
  • Pinnacle Studio

Pengertian stop motion

STOP MOTION

 Animasi Stop motion adalah suatu teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak sendiri. Setiap pergerakan dari objek tersebut difoto (frame individual), sehingga menciptakan ilusi gerakan ketika serangkaian frame dimainkan berurutan secara berkesinambungan. Tokoh/objek dari tanah liat sering digunakan dalam stop motion untuk kemudahan mereka mereposisi. Gerakan animasi menggunakan tanah liat disebut clay animation or clay-mation. Pada umumnya animasi awalnya bukan video, melainkan kumpulan gambar yang berurutan sehingga akhirnya menjadi sebuah video. Begitu pun stop motion, juga terdiri dari kumpulan gambar yang berurutan. Namun kumpulan gambar yang didapatkan dalam stop motion tidak lah sehalus pengerjaan animasi dengan komputer. Karena pengambilan sebuah gambarnya memerlukan penggerakan objek secara manual. Dan objeknya bukanlah benda hidup.          Stop-motion animation sering pula disebut claymation karena dalam perkembangannya,  jenis animasi ini sering menggunakan clay (tanah liat) sebagai objek yang digerakkan . Tehnik stop-motion animasi pertama kali ditemukan oleh stuart blakton pada tahun 1906  yaitu dengan menggambar ekspresi wajah sebuah tokoh kartun pada papan tulis, diambil gambarnya dengan still camera, kemudian dihapus untuk menggambar ekspresi wajah selanjutnya. Tehnik stop-motion animasi ini sering digunakan dalam visual effect untuk film-film di era tahun 50-60-an bahkan sampai saat ini.
Wallace and gromit dan chicken run, karya nick parks, yang sempat hadir di jakarta beberapa saat yang lalu adalah salah satu contoh karya stop motion animation. Contoh lainnya adalah celebrity deadmatch di mtv yang menyajikan adegan perkelahian antara berbagai selebriti dunia. Jangan lupakan pula nightmare before christmast karya yang tim burton yang terkenal dengan film batman dan edward scissorhands. Sejauh ini perkembangan stop motion animation di indonesia belum terlalu besar, sehingga sulit menjadi animator yang mau berkarya pada bidang ini. Salah satu penyebabnya bisa jadi adalah tingkat kesulitan dan kesabaran yang cukup tinggi, yang tentu saja tidak dipunyai oleh setiap orang.
Dari berbagai jenis karya animasi, salah satunya adalah cara membuat animasi stop motion. Dilihat dari namanya animasi stop motion yang berarti animasi yang dibentuk dari gerakan-gerakan yang terhenti. Gerakan-gerakan tersebut kemudian direkam menjadi frame-frame dan dirangkai untuk setiap gerakan-gerakannya sehingga menjadi sebuah animasi.
Disebut animasi stop motion Karena….
Dalam perkembangannya, stop motion animation sering disebut juga sebagai claymation, karena animasi ini sering menggunakan clay (plastisin/tanah liat) sebagai objek yang digerakkan. Berdasarkan teknik penggarapannya, selain limited animation, dan teknik yang paling baru adalah CGI atau Computer Generated Imagery, penggarapan animasi dengan teknik stop motion sebenarnya tergolong paling kuno dan sangat sederhana sekali. Tidak diperlukan satu keahlian khusus dalam membuatnya, yang paling dibutuhkan dalam pengerjaannya teliti dan telaten. Animasi ini bukan animasi yang bisa dibuat dalam waktu singkat. Namun, semua orang bisa mencobanya. Peralatan yang dibutuhkan hanyalah kamera foto atau kamera video tipe apa pun, tripod atau apapun yang dapat menyanga kamera tepat pada tempatnya, dan yang paling penting adalah objeknya. Cukup dengan menggunakan tangan sendiri, kita pindahkan posisi objek berupa boneka, model, atau gambar secara perlahan-lahan. Dan setiap pergerakan itu direkam dengan kamera foto ataupun kamera video. Ketika hasil rekaman itu kita susun berurutan, maka yang tercipta adalah kesan seolah-olah objek bergerak dan hidup.
animasi stop motion diciptakan…..
Yaitu dengan menggambar ekspresi wajah sebuah tokoh kartun pada papan tulis, diambil gambarnya dengan still camera,  kemudian dihapus untuk menggambar ekspresi wajah selanjutnya

Jumat, 09 September 2016



Kegunaan dan Fungsi Tripod Kamera


Untuk apa repot-repot menambah aksesoris dan perangkat pelengkap kamera jika hanya dengan kamera saja Anda sudah bisa memotret. Mungkin pernyataan tersebut pernah Anda dengar, dan tidak ada yang salah juga dengan kalimat tersebut. Ada sebagian orang yang memang tidak merasa memerlukan perlengkapan fotografi lain seperti Tripod. Tapi apakah Tripod hanya berguna sebagai penyangga saja? Lalu apa saja kegunaan dan fungsi Tripod kamera digital?
Sebelum membahas lebih jauh tentang kegunaan dan fungsi Tripod kamera, perlu Anda ketahui bahwa Tripod atau biasa disebut Kaki Tiga merupakan salah satu aksesoris tambahan kamera, berbentuk stan guna menopang body kamera. Ada banyak macam jenis Tripod dan begitu juga kegunaannya. Seperti apa fungsi dan kegunaan Tripod kamera? Apakah hanya sebagai penopang saja?Mengurangi kelelahan menopang beban kamera
Seri apa kamera DSLR Anda? Seperti yang diketahui bahwa semakin mahal kamera DSLR, biasanya semakin besar ukurannya dan semakin berat pula bobotnya. Untuk DSLR Body Only saja sudah berat apalagi ditambah dengan perangkat lensanya. Fotografer pro atau bahkan amatir saat ini sudah banyak melakukan upgrade lensa dengan berbagai ukuran. Untuk lensa di atas 105mm tentunya memiliki ukuran besar dan lebih berat dari pada lensa kit. Disinilah fungsi Tripod kamera, di mana Anda bisa lebih bersantai dalam memotret. Rasa pegal pun bisa terkurangi.
Berguna untuk pemotretan long exposureatau shutter Speed rendah

Aturlah kamera Anda dengan kecepatan rana (shutter speed) rendah, contohnya 1/10 detik, 3 detik atau bahkan 25 detik. Setelah itu, potretlah dan lihat hasilnya. Gambar pasti akan mengalami kekaburan, tidak fokus, blur dan sangat tidak memuaskan. Hal itu bukan karena kamera Anda bermasalah, melainkan tidak kuatnya tangan Anda menopang kamera saat digunakan memotret dengan kecepatan rana sangat rendah. Padahal ada banyak sekali variasi foto yang dapat diciptakan dengan kecepatan rana yang rena, seperti efek bulb pada malam hari dan landscape air yang akan terlihat dramatis.Salah satu cara untuk mengatasi efek blur dan tidak fokus dalam pemotretan kecepatan rana renda adalah dengan menggunakan Tripod. Alat ini mampu membantu kamera Anda berdiri dengan stabil tanpa goncangan dan nantinya Anda akan menghasilkan gambar yang bagus. Tidak masalah tanpa menggunakan Tripod jika Anda menggunakan shutter speed tinggi.
Membantu mencapai angle sulit dalam pemotretan Landscape
Bagi Anda pecinta fotografi Landscape, Tripod adalah salah satu aksesoris kamera yang terpenting. Tripod sangat diperlukan guna melakukan kompoisisi angel maupun aturan rule of third. Selain itu Tripod juga berfungsi untuk menahan getaran atau membantu fotografer mengambil gambar tempat-tempat yang tidak dapat dicapai oleh sang juru gambar.
               
Membantu dalam menghasilkan foto HDR
Fotografi HDR (High Dynamic Range) adalah salah satu teknik fotografi yang cukup merepotkan dalam pembuatannya. Selain dengan memotret, Anda juga harus mengolahnya dengan software editing. Biasanya untuk membuat foto HDR, Anda setidaknya harus memotret 3 kali atau lebih pada posisi yang sama namun dengan komposisi pengaturan exposure yang berbeda. Dapatkah Anda melakukan hal ini tanpa Tripod? Bisa dipastikan Anda tidak akan bisa setepat mungkin memotret pada posisi yang sama persis tanpa penyangga kamera. Jika bergeser sedikit saja, bisa dipastikan pembuatan foto HDR akan berantakan.
Untuk pemotretan fotografi Makro
Untuk menghasilkan foto makro yang bagus, tidak hanya dengan lensa makro saja. Anda bisa menggunakan Tripod karena pada pemotretan benda kecil kamera kita rawan goncangan. Memang saat ini kebanyakan DSLR sudah disertai fitur stabilizer baik jenis VR maupun IS, namun tidak tidak terlalu membantu.
Untuk pemotretan dengan fitur Timer
Saat Anda bersama kekasih sedang pergi berlibur ke sebuah tempat wisata, apakah Anda akan terus-menerus meminta orang lain untuk memotret Anda berdua? Kamera Anda pastinya memiliki fitur Timerdi mana shutter akan otomatis memotret dalam waktu tertentu. Gunakan fitur tersebut dan pasangkan kamera pada Tripod, alhasil Anda akan menghasilkan foto yang diinginkan tanpa harus meminta orang di sekitar untuk memotret.
Mempertajam gambar saat melakukan focal length panjang
Betapa sulitnya menghasilkan foto yang tajam dan fokus jika Anda melakukan perbesaran yang mencapai angka lebih dari 200mm. Gerakan tangan Anda mengganggu kamera dalam menghasilkan foto yang tajam. Untuk itu lebih baik gunakan Tripod. Penggunaan focal length panjang biasanya dilakukan untuk pemotretan satwa liar, olahraga dan lain-lain.
Demikian beberapa fungsi dan kegunaan Tripod terimakasih.

Bagian Bagian Kamera Nikon D5200

Apa itu kamera??dan untuk apa fungsinya?? mungkin sebagian dari kita banyak yang tidak tahu tentang asal usul kamera,dan dinifisi fotografi.Fotografi sendiri berasal dari kata “Photos” yang artinya cahaya dan “Graphos” yang artinya melukis,jadi fotografi bisa di denifisikan sebagaimelukis dengan cahaya.Kamera adalah sebuah alat untuk merekam atau mengabadikan sebuah kejadian/gambar yang bisa di tuangkan dalam media cetak/digital.
Belajar Foto kali ini akan memberikan informasi tentang  bagian dari kamera dan fungsi tombol tombol pada kamera DSLR.Mungkin banyak di antar kita yang kurang paham akan kegunaan tombol tersebut.Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan  fungsi bagian dan tombol pada kamera DSLR (Nikon).

Kamera Tampak Depan
Keterangan Gambar
1 Body Kamera
Body adalah bagian dari kamera yang di dalamnya terdapat komponen komponen penting untuk menghasilkan sebuah foto.
2 Lensa Kamera
Lensa merupakan alat vital dalam fotografi untuk menghasilkan  foto,beda lensa beda pula foto yang di hasilkan.
3 Tombol Shooting Mode
Tombol ini berfungsi untuk pengaturan proses pemotretan,di dalamnya banyak pilihan mode pemotretan *contoh nikon (M/A/S/P) untuk canon (M/AV/TV/P)
4 Tombol Shutter
Tombol ini berfungsi untuk memerintahkan kamera merekam/memotret sebuah gambar
5 Scroll  Diafragma
Scroll berfungi untuk merubah setingan diafragma sebuah lensa *lensa automatic
6 Tombol AF/Motor  pada body
Tombol ini berfungsi untuk mengatur motor fokus lensa yang terdapat pada body kamera,bisa di seting AF atau Manual Fokus
7 Tombol pengunci lensa
Tombol ini berfungsi sebagai pengait lensa dan body kamera.Untuk melepas lensa dari body,cukup tekan tombol tersebut dan putar lensa sesuai arah *nikon putar lensa ke arah kiri *canon putar lensa ke arah kanan
8 Tombol BKT (Bracketing)
Tombol untuk mengatur variasi eksposure dalam sekali pemotretan
9 Tombol Lampu Kilat
Tombol untuk memunculkan lampu flash yang terdapat pada body kamera

Kamera Tampak Belakang
10 Scroll  Shuter Speed
Scroll berfungsi untuk merubah setingan kecepatan shuter speed pada kamera
11 T0mbol LV(Live View)
Tombol ini berfungsi untuk merubah tampilan layar lcd menjadi jendela bidik(view finder)
12 Tombol Navigasi
Tombol navigasi ini memiliki berbagai fungsi.Contoh *merubah titik fokus  *menggeser sebuah tampilan foto pada layar lcd
13 Tempat kartu memory
Di sini tempat untuk memasangkan sebuah kartu memory yang berfungsi untuk menyimpan data file foto kita pada kamera
14 Tombol AF Selector Lock
Tombol ini berfungsi untuk mengunci titik fokus pada kamera agar tidak berpindah tempat
15 Tombol Info
Tombol untuk memperlihatkan semua informasi pemotretan yang tampil pada lcd kamera
16 Tombol AE-L / AF-L
Tombol Auto Exposure Lock(AE-L) berfungsi untuk mengunci setingan eksposure
Tombol Auto Focus Lock (AF-L) berfungsi untuk mengunci titik fokus yang telah di tentukan
17 View Finder
View Finder berfungsi untuk melihat objek yang kita incar melalu lensa kamera
18 Tombol Delete
Tombol ini berfungsi untuk mengapus sebuah data file foto yang tersimpan pada kartu memory
19 Tombol Preview Display
Tombol ini berfungsi untuk menampilkan hasil foto yang pada layar kamera
20 Tombol Menu Setting
Tombol yang menampilkan pilihan menu setting pada kamera
21 Tombol Lock
Tombol untuk mengunci sebuah foto yang tersimpat pada kamera.Foto yang telah di Lock tidak akan mungkin terhapus dengan kata lain tersimpan selamanya *asal tidak di format kartu memory nya
22 Tombol Zoom Out
Tombol ini berfungsi untuk membuat tampilan foto pada layar kamera lebih kecil
23 Tombol Zoom In
Tombol ini berfungi untuk memperbesar tampilan foto pada layar kamera
24 LCD Kamera
LCD adalah layar kamera,yang dapat menampilkan segala informasi,setingan kamera dan display foto
Kamera Tampak Samping
25 Ring Focal Leght
Ring ini berfungsi untuk merubah jarak focal leght pada lensa
26 Ring Fokus Lensa
Ring fokus berfungsi untuk mengatur bagian  jarak ketajaman lensa
27 Tombol VR
Tombol untuk mengaktifkan sistem stabilizer pada lensa untuk meminimalisir getaran tangan saat memotret pada kecepatan rendah
28 Tombol AF
Tombol untuk mengakifkan sistem Auto Fokus pada lensa

Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman teman yang ingin belajar tentan fotografi,selamat mencoba.

Bagian-bagian Kamera Video Sony PD (170)

Bagian-bagian kamera Video Sony (PD 170)
Hallo semua, untuk pertemuan kali ini saya akan menjelaskan tentang Bagian-bagian kamera Video Khususnya Sony PD 170. Nah untuk teman-teman smoa yang ingin tau tentang info ini bisa lihat / belajar dari sini (saya juga masih belajar,heee..). Pengalaman saya di bidang broadcast membuat saya ingin berbagi ilmu dengan teman semoa. . Materi ini juga saya ambil dari beberapa sumber, , semua ini adalah materi yang saya ambil saat saya melakukan uji kompetensi terakhir di SMKN 1 rancah dulu.Nah untuk mempersingkat waktu kita mulai saja pelajaran kita kali ini,hee...

Sebelum saya menjelaskan Bagian-bagian kamera , alangkah lebih baik kita tahu dulu apa sich kamera video itu??
"Kamera video adalah perangkat perekam gambar video dalam mode digital dari mode gambar analog"
maksunya adalah , kamera video mampu mendigitalisasikan gambar analog untuk dirubah kedalam bentuk digital sehingga bisa dibaca oleh komputer.
Nah kalo Friends Smoa sudah pada ngerti pengertian dari kamera video, yuk kita lanjut ke Topik utama!!
Bagian-bagian kamera video sony PD 170 yang akan saya jelaskan ada 7 macam:
1. Lensa
2. Gelang Fokus, Zoom dan Diagfragma
3. LCD (Liquid Crystal Display)
4. VTR (Video Tape Recorder)
5. View Finder
6. Microphone
7. Baterai

1. Lensa

lensa pada kamera video berfungsi sebagai alat penangkap gambar yang ada dihadapan kamera dan merupakan proses awal dari perekaman gambar.







2. Gelang Fokus, Zoom dan Diagfragma

- Fokus
   Berfungsi sebagai alat yang mampu menajamkan dan mengkaburkan objek sesuai kebutuhan. atau juga sebagai penentu objek (Objek jelas adalah objek utama).
- Zoom
   Bekemampuan memperbesar atau memperkecil objek bidikan dengan mengubah panjang fokal lensa dari sudut pandang sempit ke sudut pandang lebar atau sebaliknya. Zooming ada 2 gaya atau gerakan atau 2 gaya, Zoom in (Memepersempit luas pandang dan memperbesar objek)& Zoom Out (Memperlebar luas pandang dan memperkecil objek).
- Diagfragma
   Berfungsi mengatur banyaknya cahaya yang masuk ke rana dan terdiri dari beberapa tirai yang berfungsi membuka dan menutup untuk mengatur cahaya yang masuk.
3. LCD (Liquid Crystal Display)

   LCD pada kamera video berfungsi sebagai tampilan yang banyak sekali fungsi dan gunanya. LCD dapat digunakan sebagai playback atau untuk memutar ulang hasil shoot video. Juga dapat digunakan sebagai acuan pada saat setting warna kamera dan juga sebagai alat yang menampilkan Icon-icon peringatan seperti power/baterry dll.





4. VTR (Video Tape Recorder)

   VTR sering kali juga disebut VCR atau Video Casset Recorder, yang mana fungsinya mampu merekam hasil shoot camera dalam bentuk casset (Khusus Untuk Sony PD 170 dalam bentuk casset Mini DV).





5. View Finder

   View Finder sering kali juga disebut sebagai jendela pelihat. yang berfungsi untuk melihat objek gambar yang akan di ambil. Warna yang dihasilkan view finder hanya ada 2 yaitu hitam dan putih, hal ini membuat banyak kameraman lebih suka menggunakan view finder untuk setting warna kamera karena di anggap lebih mudah. kita akan tahu apakah settingan kita sudah benar apa betul. karena tingkat kecerahannya terlihat jelas.



 
6. Microphone

    Microphone adalah sejenis alat input suara yang mampu merekam suara dari luar untun direkam nantinya bersma video didalam VTR.
7. Dikarenakan kamera Video Sony PD 170 adalah kamera yang sering digunakan di luar ruangan (out door) maka baterai sangat diperlukan sebagai daya listrik kamera.






7. Baterai

Sony PD170 Merupakan kamera yang sering digunakan diluar ruangan (outdoor), shingga baterai sangat diperlukan untuk sebagai daya listrik apabila kita menggunakan kamera ini diluar!! Letaknya dibagian belakang kamera yang mempunyai slot slot shingga baterai mampu menempel pada kamera.



Dari semoa itu saya mengambil kesimpulan bahwa kamera video khususnya  Sony PD 170 adalah perangkat perekam gambar yang mampu menyimpan gambar digital dari mode gambar analog. dan memiliki banyak bagian yang tiap bagiannya memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya jelaskan. Semoga bermanfaat dan semoga kita dapat bertemu lagi di andyhiday.blogspot.com di laen materi.

Jumat, 02 September 2016

Struktur Kurikulum 2013 SMK Multimedia Tahun 2014/2015


Struktur Kurikulum 2013 SMK Multimedia
Struktur Kurikulum 2013 SMK Multimedia
Struktur Kurikulum 2013 SMK Multimedia Tahun 2014/2015. Setelah melalui rapat program keahlian dan waka kurikulum akhirnya disepakati Struktur Kurikulum Multimedia untuk Kurikulum 2013 tertera pada lampiran berikut ini. Untuk Mapelnya terdapat 27 Mapel yang seharusnya menurut kurikulum dari pusat hanya 26 mapel. Ada penambahan mapel kelompok B yaitu Bahasa Jawa sebagai Mata Pelajaran Muatan Khas Daerah berdasarkan peruturan gubernur Jawa Tengah.
Beban Tatap Muka Selama Seminggu adalah 50 Jam dengan adanya penambahan 2 jam pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Sebagai Mata Pelajaran Muatan Ke Khasan Daerah. Jumlah Seluruh mapel 27 mata pelajaran. Dengan Kelompok A 6 Mapel, kelompok B 4 Mapel Sisanya masuk ke kelompok kejuruan.
Struktur Kurikulum 2013 SMK Multimedia
Struktur Kurikulum 2013 SMK Multimedia
Untuk Prakerin ada pada semester akhir, bulan akhir dengan prediksi selama 3 bulan terakhir, sambil menunggu juknis dari pemerintah pusat. Demikian sharing Struktur Kurikulum 2013 SMK Multimedia Tahun 2014/2015. Struktur ini merupakan struktur kurikulum multimedia pembaharuan dari posting sebelumnya.